Minggu, Februari 18, 2018
Beranda > Pemerintahan > Pemkab Bandung Tertarik Pengembangan KPM

Pemkab Bandung Tertarik Pengembangan KPM

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Rabu (6/12/2017) kedatangan tamu dari Pemkab Bandung Provinsi Jawa Barat. Kedatangan rombongan Pemkab Bandung ini diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto di ruang pertemuan Jabung 2 Kantor Bupati Probolinggo.

Turut menerima kedatangan rombongan sejumlah 70 orang ini dipimpin oleh Kepala DPMD Kabupaten Bandung Eros Rosmita tersebut Sekretaris DPMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda.

Dalam sambutannya Eros Rosmita menyampaikan bahwa rombongannya terdiri dari keluarga besar DPMD Pemkab Bandung, Kasi PMD Kecamatan se-Kabupaten Bandung, perwakilan Kepala Desa/Lurah, perwakilan pengurus TP PKK Kabupaten Bandung serta perwakilan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dan unsur masyarakat.

“Tujuan utama kami ke Pemkab Probolinggo adalah untuk silaturahim KPM dan lembaga kemasyarakatan desa. Harapan kami bisa lebih mengenal daerah Kabupaten Probolinggo dan bisa mengadopsi keberhasilan Kabupaten Probolinggo dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ungkap Eros.

Lebih lanjut Eros menyampaikan salah satu program Bupati Bandung untuk mendorong pemberdayaan masyarakat Kabupaten Bandung adalah dengan Program Seribu Kampung. Dimana didalamnya dikembangkan sentra tekstil, garment, kuliner dan wisata. Oleh sebab itu dibutuhkan pengelolaan KPM yang optimal.

“Menurut kami pengembangan KPM disini sudah lebih berhasil daripada kami. Oleh karena itu kami ingin sharing dalam hal peningkatan kapasitas kader pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo. Selain itu kami juga ingin mengetahui peran dan fungsi KPM sebagai mitra pemerintahan desa dalam pembangunan,” tandasnya.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto berharap dengan adanya kunjungan studi banding ini bisa menambah semangat KPM Kabupaten Probolinggo untuk berbuat lebih baik lagi.

“Dalam pembinaan KPM di Kabupaten Probolinggo, selain budaya gotong royong yang kuat, karakter masyarakat kami relatif stabil, aman dan damai sehingga cukup memudahkan kami untuk mengarahkan,”  jelasnya.

Dalam kesempatan itu Heri Sulistyanto juga mengenalkan kultur dan kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Probolinggo yang rata-rata penduduknya adalah masyarakat pendalungan yaitu campuran antara budaya Jawa dan Madura. Selain itu juga ada masyarakat Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo yang memiliki kekayaan budaya adat yang sangat digemari oleh wisatawan, terangnya.

Selain itu salah satu perwakilan KPM Kabupaten Probolinggo juga memberikan paparan tentang kebijakan-kebijakan yang sudah ditetapkan Pemkab Probolinggo tentang pemberdayaan masyarakat. Dalam paparan itu juga disampaikan keberhasilan KPM Kabupaten Probolinggo bersama DPMD dalam mengembangkan industri rumah tangga sampai dengan pengelolaan bank sampah.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan tukar menukar cinderamata berupa plakat Endless Probolinggo dari Heri Sulistyanto kepada Eros Rosmita. Sebaliknya Eros Rosmita juga memberikan cinderamata berupa plakat lambang Kabupaten Bandung kepada Heri Sulistyanto sebagai tanda telah terjalinnya hubungan antara Pemkab Probolinggo dengan Pemkab Bandung. (dra)