Jumat, November 24, 2017
Beranda > Kemasyarakatan > Pembangunan Infrastruktur Harus Selaras dengan Pembangunan Karakter dan SDM

Pembangunan Infrastruktur Harus Selaras dengan Pembangunan Karakter dan SDM

Reporter : Hendra Trisianto
BESUK – Pesatnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Probolinggo diharapkan selaras dengan pembangunan karakter dan sumber daya manusia di dalamnya. Peran serta pemuda sebagai potensi daerah sangat dibutuhkan dalam melahirkan kreatifitas dan ide cerdas untuk mendorong kemajuan di Kabupaten Probolinggo.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko saat meresmikan Festival Kampung Bago (FKB) # 2 di Desa Bago Kecamatan Besuk, Sabtu (11/11/2017) sore. Peresmian FKB ini dengan pemukulan gong dan penyematan t-shirt oleh panitia.

Dalam sambutannya Wabup Timbul sangat mengapresiasi hal positif yang telah dilakukan para pemuda Desa Bago dengan mengangkat kesenian dan budaya lokal. Tidak ada suatu yang besar itu tanpa diawali dari tumbuhnya idealisme-idealisme kecil dari bawah.

Semua itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa rasa karna seni dijaman milenia ini adalah sesuatu gerakan yang penuh tantangan. Saya harap kreatifitas dan idealisme semacam ini akan menular kemana-mana demi kemajuan Kabupaten Probolinggo, katanya.

Adanya Jaringan Kampung (Japung) Nusantara yang mewadahi dan menggagas FKB ini juga dinilai Wabup Timbul sebagai langkah cerdas pemuda Bago dalam menjalin hubungan baik dalam era jejaring sosial saat ini untuk menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif dalam mengangkat potensi desa.

“Alhamdulillah pemuda disini bisa di manage dengan baik dan bisa di eksplore dalam ide-ide kreatif. Karena tidak sedikit pemuda yang bisanya hanya beretorika di media sosial tanpa ada motivasi untuk mengangkat daerahnya, jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul memotivasi pemuda Bago agar tetap idealis dalam seni dan budaya. Tentunya hal ini ke depan akan berdampak positif bagi Desa Bago. “Karena dengan tumbuhnya ide cerdas kalian itu, kelak akan melahirkan sesuatu yang dahsyat dan akan berguna bagi masyarakat dan Kabupaten Probolinggo,” tandasnya

Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro saat ditemui mengutarakan bahwa gerakan pemuda ini merupakan potensi yang luar biasa bagi Kecamatan Besuk. Kemasan FKB yang sudah cukup apik ini juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. Hal ini terlihat dengan banyaknya warga yang memanfaatkan momentum ini dengan berjualan di sekitar lokasi FKB.

“Sinergitas positif seperti ini akan memancing kreatifitas-kreatifitas dari desa lain. Masyarakat yang ikut menonton FKB ini akan termotivasi untuk melakukan hal serupa di desanya sendiri,” ungkap mantan Kabag Protokol dan Rumah Tangga ini.

Di tahun kedua pelaksanaan FKB ini Teguh juga sangat mengapresiasi pemerintah Desa Bago bersama karang tarunanya yang juga telah peduli tidak hanya pada pembangunan infrastruktur saja, namun juga pengembangan sumber daya manusia khususnya pemuda nya. Kedepan pihaknya bersama pemerintah desa akan lebih memaksimalkan FKB ini dengan mengkolaborasikan bersama kegiatan yang melibatkan elemen kemasyarakatan.

“Bagaimana berikutnya FKB ini bisa lebih meriah dan lebih berdampak positif. Kalau perlu tidak hanya karang taruna saja yang terlibat, Tim Penggerak PKK dan seluruh kader yang dimiliki Desa Bago juga harus terlibat. Hal ini untuk lebih mendorong lagi kreatifitas masyarakat Desa Bago, pungkasnya. (dra)