Saturday, June 24, 2017
Beranda > Kemasyarakatan > MWCNU Banyuanyar Bina Guru Ngaji

MWCNU Banyuanyar Bina Guru Ngaji

Reporter : Syamsul Akbar
Selasa 16 Mei 2017

BANYUANYAR – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Banyuanyar memberikan pembinaan kepada para guru ngaji sebagai upaya melakukan penyeragaman waktu di masjid dan musholla se-Kecamatan Banyuanyar, Selasa (16/5/2017) malam.

Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Banyuanyar ini diikuti 350 orang peserta terdiri dari unsur pengasuh musholla dan takmir masjid se-Kecamatan Banyuanyar. Mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari jajaran Syuriyah MWCNU Kecamatan Banyuanyar, Baznas Kabupaten Probolinggo dan Kemenag Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris MWCNU Kecamatan Banyuanyar Saiful Bahri mengungkapkan kegiatan ini digelar untuk menyamakan waktu mulai dari Imsakiyah, Maghrib, Isya’ dan Subuh serta waktu yang lain. Sehingga tidak ada kesan ada yang mendahului maupun yang tertinggal.

“Dalam kesempatan ini kami juga memberikan pemahaman tentang pentingnya dan manfaat dari membayar zakat serta memberikan pemahaman tentang pentingnya Akta Ikrar Wakaf,” katanya.

Menurut Saiful Bahri, materi yang diberikan dalam kegiatan ini terdiri dari pemahaman tentang zakat dan dyarat rukun sholat terutama sholat Tarawih. Serta pembinaan terkait tarawih, zakat dan wakaf.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para pengasuh musholla bisa menyeragamkan pelaksanaan tarawih. Terutama penggunaan pengeras suara, dimana pengeras suara hanya dipakai di sekitarnya saja. Karena jika tidak demikian apabila ada salah satu musholla yang selesai dulu tarawihnya, maka akan mengganggu kekhusyu’an musholla yang lain,” jelasnya.

Kaitannya dengan wakaf jelas Saiful, para pengasuh musholla diharapkan mengurus akta ikrar wakaf bagi status tanah bangunan mushollanya. “Kaitannya dengan zakat sebagaimana kebiasaan di desa-desa masyarakat masih banyak menyerahkan zakat fitrahnya kepada para pengasuh musholla, sehingga para pengasuh musholla menyampaikan zakatnya kepada para mustahik yang sesuai dengan syariat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut pengurus MWCNU Kecamatan Banyuanyar memberikan bantuan kursi roda kepada penyandang cacat dari Desa Alassapi Kecamatan Banyuanyar. (wan/why)