Wednesday, October 18, 2017
Beranda > Pemerintahan > Mamuju Utara Belajar Sistem Irigasi Pertanian

Mamuju Utara Belajar Sistem Irigasi Pertanian

Reporter : Mujiono
Rabu 17 Mei 2017

KRAKSAAN – Keberhasilan Kabupaten Probolinggo dalam menata sistem irigasi membuat ketertarikan dari daerah lain untuk belajar. Salah satunya adalah Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat yang melakukan study banding terkait dengan komisi irigasi pertanian di Kabupaten Probolinggo, Rabu (17/5/2017).

Rombongan sejumlah 30 orang yang dipimpin Ketua Komisi Irigasi Kabupaten Mamuju Utara Firman ini diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Asy’ari di ruang pertemuan Jabung 1 Kantor Bupati Probolinggo.

Turut menerima dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Pendamping Komisi Irigasi Kabupaten Probolinggo.

Plt Sekda Kabupaten Probolinggo Asy’ari menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para rombongan yang hadir dalam rangka studi banding ke Kabupaten Probolinggo sebagai upaya memujudkan swasembada pangan yang meningkat dan berkualitas.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahim sekaligus bertukar pengalaman dan pengetahuan sehingga membawa manfaat bagi Kabupaten Mamuju Utara untuk meningkatkan sinkronisasi program keirigasian sebagai penguatan kelembagaan pengelola irigasi dalam pengelolaan irigasi secara partisipatif,” katanya.

Asy’ari berharap studi banding yang dilakukan Kabupaten Mamuju Utara ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. “Semoga kegiatan ini nantinya dapat membawa manfaat dalam bersama-sama meningkatkan kualitas pertanian,” tegasnya.

Sementara Firman menyampaikan bahwa kegiatan studi banding ini bermaksud sebagai evaluasi dan menerima pengetahuan tentang keberhasilan terhadap capaian tingkat kualitas yang baik hasil pertanian serta meningkatkan swasembada pangan di Mamuju Utara.

“Permasalahan terhadap irigasi pertanian dan meningkatkan kualitas pertanian merupakan faktor utama untuk percepatan kualitas pertanian. Salah satu upayanya adalah dengan menggali permasalahan irigasi ke daerah lain,” katanya.

Seperti biasa, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan cinderamata antara Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat dengan Pemkab Probolinggo. (y0n/why)