Minggu, Februari 18, 2018
Beranda > Pendidikan > Lomba Menggambar, Ajak Siswa SD/MI Cintai Masjid

Lomba Menggambar, Ajak Siswa SD/MI Cintai Masjid

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Mengenalkan keberadaan masjid sejak dini tentunya akan membuat anak akan terbiasa datang ke masjid. Cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan masjid ini banyak sekali. Salah satunya adalah dengan lomba menggambar tingkat SD/MI se-Kabupaten Probolinggo yang digelar oleh Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan, Kamis (11/1/2018).

Lomba menggambar tingkat SD/MI ini merupakan rangkaian Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah yang digelar dalam rangka untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, HUT ke-8 Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo serta haul KH Abdul Wahab atau Kiai Ronggo.

Sejak pukul 07.30 WIB, puluhan anak dari beberapa lembaga SD/MI ini sudah berdatangan untuk mengikuti lomba yang dipusatkan di serambi kanan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan tersebut. Mereka terlihat rapi dan semangat untuk bisa menjadi yang terbaik dalam lomba menggambar itu.

Koordinator Lomba Menggambar Dwi Sukowati mengatakan bahwa lomba ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan ketaqwaan anak-anak dan selalu membiasakan diri berada di masjid.

“Untuk lomba ini kami mengambil tema masjid. Alasannya adalah untuk memperdalam ilmu-ilmu, terutama yang menyangkut pada keislamannya. Setidaknya dengan lomba ini mereka tahu bahwa ada masjid yang bisa didatangi untuk menyelesaikan segala persoalan hidup manusia,” kata Wati.

Menurut Wati, kriteria penilaian difokuskan pada warna, kerapian dan kebersihan. “Semoga dengan lomba ini guru dan anak didiknya mengetahui krativitas yang dimiliki anaknya. Apalagi ini merupakan sarana untuk mengukur kemampuan anak-anak,” harapnya.

Setelah melalui beberapa tahap penilaian dari dewan juri, juara 1 diraih Maulidah Nur Afnaniyah dari MINU Kraksaan, juara 2 diraih Nabila Zahwatil A dari SDN Patokan 1 Kraksaan dan juara 3 diraih Athi’ah Fitri Mukarromah dari SD Insan Terpadu. (wan)