Rabu, Januari 17, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Kenalkan Masjid Sejak Dini Lewat Lomba Mewarnai Tingkat TK

Kenalkan Masjid Sejak Dini Lewat Lomba Mewarnai Tingkat TK

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Masjid sebagai tempat ibadah umat Islam juga dapat berfungsi sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi generasi muda. Tidak hanya kegiatan ubudiyah, kegiatan belajar rekreatif juga sangat efektif untuk dilaksanakan di lingkungan masjid. Selain itu juga melatih keterampilan dan pengetahuan sekaligus hal ini dapat menumbuhkembangkan kecintaan terhadap masjid.

Hal ini disampaikan oleh Ustads Wahono, Koordinator Pelaksana Kegiatan Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan saat melaksanakan lomba mewarnai tingkat TK, Rabu (10/1/2018).

“Kenapa melaksanakan lomba ini di masjid? Yaitu untuk mengenalkan sejak dini kepada generasi penerus bangsa supaya lebih kenal dan akrab dengan masjid,“ jelas salah satu pengurus Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah ini.

Ustads Wahono mengemukakan ada tiga tema yang terangkai dalam Kegiatan rutin tahunan ini. Yakni, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Kota Kraksaan sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo, dan Haul Kiai KH Abdul Wahab atau Kiai Ronggo yang merupakan seorang ulama pembabat alas Kota Kraksaan.

“Tiga tema ini selalu bersamaan. Selain ingin meramaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HUT Kota Kraksaan, kita juga ingin mengenalkan sejarah kota Kraksaan kepada masyarakat Kota Kraksaan khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya,” tandasnya.

Sementara Watik, Ketua Bidang Perempuan Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah menjelaskan bahwa lomba kali ini diikuti oleh sekolah TK/RA se-Kecamatan Kraksaan. Lomba mewarnai selama kurang lebih dua jam ini memiliki fokus penilaian pada kerapian dan keserasian warna yang ditorehkan di atas konsep gambar yang telah disediakan oleh panitia.

“Pada lomba kali ini panitia menyediakan hadiah berupa uang pembinaan dan trophy kepada juara I hingga III dan piagam penghargaan kepada seluruh peserta lomba. Namun yang utama adalah kami telah berbuat sesuatu untuk meningkatkan kecintaan terhadap masjid bagi generasi penerus,” jelasnya.

Akhirnya setelah melalui tahap penilaian, lomba mewarnai tingkat TK/RA tersebut dimenangi oleh Arkaan Harith Putra sebagai juara I perwakilan dari TK Al-Farida dengan poin nilai 270, sementara juara II diraih oleh Ridho Kholili dari TK Kusuma dengan poin nilai 268 dan juara III diserahkan kepada Ahmad Yoga Malik Ibrahim dari TK Al-Farida dengan perolehan nilai 265. (dra)