Wednesday, October 18, 2017
Beranda > Kemasyarakatan > Kemegahan Kantor PCNU Kota Kraksaan Wujud Sinergitas Ulama dan Umaro

Kemegahan Kantor PCNU Kota Kraksaan Wujud Sinergitas Ulama dan Umaro

Reporter : Hendra Trisianto
Rabu 09 Agustus 2017

KRAKSAAN – Setelah beberapa tahun menunggu proses penyempurnaan pembangunan, akhirnya Rabu (9/8/2017) siang, Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan yang terletak di Kelurahan Sidomukti Kecamatan kraksaan Kabupaten Probolinggo itu diresmikan oleh Ketua PWNU Jawa Timur KH Moh Hasan Mutawakkil Allah. Peresmian ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan penandatanganan prasasti peresmian gedung.

Peresmian kantor dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan halal bihalal ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko didampingi oleh Wakapolres Probolinggo Kompol Hendy Kurniawan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo H Santoso serta Danramil Kraksaan Kapten Czi Prayitno.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 2.000 undangan. Mereka terdiri dari segenap pengurus jajaran Syuriah dan Tanfidziah beserta seluruh pengurus lembaga dan badan otonom (banom) dari tingkat cabang hingga ranting juga santri dan masyarakat.

Dalam tausiahnya KH Mutawakkil Allah menegaskan bahwa adanya pengurus Tanfidziah dalam tubuh organisasi PCNU Kota Kraksaan adalah mempunyai fungsi vital sebagai pelaksana fungsi pokok manajemen meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk jajaran dibawahnya.

“Untuk menjalankan semua pokok fungsi manajemen tersebut dengan baik dan optimal maka PCNU Kota Kraksaan membutuhkan kantor yang representatif dan memadai seperti ini, “katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong ini menegaskan bahwa dengan adanya kantor yang lebih nyaman dan luas ini sedapatnya meningkatkan ghiroh Nahdliyah (fanatisme ke-NU-an) khususnya di lingkup internal kepengurusan.

“Hikmah lainnya adalah sebagai penyemangat dalam melanjutkan perjuangan para ulama NU dan memastikan ajaran aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an nahdliyyah terus membumi di bumi pertiwi khususnya Kota Kraksaan,” tegasnya.

Motivasi lain juga diberikan oleh Wabup Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko atas solidnya NU dalam memerangi segala pengaruh-pengaruh negatif yang selalu berusaha memecah belah umat dan membuat keruwetan yang mana hal itu juga akan menghambat pembangunan.

“Yang sudah kondusif ini mari kita pertahankan. Ke depan perbanyaklah kegiatan keagamaan seperti pengajian dan sholawatan, “jelas salah satu mantan pengurus lembaga milik NU ini.

Menjawab tantangan zaman yang tiap saat selalu berubah Wabup Timbul juga menghimbau agar NU supaya lebih peka dengan kompleksnya segala perkembangan di era millenium ini.

“Hal ini merupakan PR bagi kita semua bagaimana kita bisa lebih luwes dalam melakukan pendekatan kepada generasi muda melalui temen yang sedang diminati untuk kita arahkan ke hal-hal positif dan Islami, “akunya.

Menurut Wabup Timbul, jika NU bisa mengimbangi alam pikiran/kultur generasi muda saat ini maka Insya Allah NU ke depan akan senantiasa mampu menjawab tantangan zaman dan bahkan akan memberikan image bahwa NU tidak hanya kumpulan orang tua namun juga generasi muda yang kreatif, dinamis dan Islami.

Sementara Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Nasrullah Ahmad Sujai mengutarakan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu proses kelancaran pembangunan kantor dua lantai milik PCNU Kota Kraksaan ini. Dari yang awalnya hanya direncanakan di rehab saja sampai akhirnya diputuskan untuk dibangun kembali dari awal pondasi.

“Kantor ini adalah wujud dari kekompakan dan kebersamaan yang baik antara ulama dan umaro. Insya Allah adanya kantor ini akan menambah semangat kami untuk meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan ke-NU-an kami untuk Kabupaten Probolinggo khususnya Kota Kraksaan, “katanya. (dra)