Minggu, Februari 18, 2018
Beranda > Pendidikan > Kak Timbul Pimpin Rakercab Gerakan Pramuka Probolinggo

Kak Timbul Pimpin Rakercab Gerakan Pramuka Probolinggo

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Untuk mengevaluasi kegiatan sekaligus pelaksanaan program kerja, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2018 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (8/2/2018) pagi.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kak Sujono, utusan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo serta diikuti oleh peserta dari utusan Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Kwarran se-Kabupaten Probolinggo.

Kak Sujono selaku ketua panitia Rakercab menjelaskan bahwa agenda tahunan ini adalah sebagai proses pengendalian manajemen operasional dalam pelaksanaan program kerja untuk mencapai rencana kerja 2014-2019.

“Tujuan Rakercab ini antara lain untuk mensosialisasikan program kerja tahun 2018, menyusun kerangka kegiatan, mensinergikan kegiatan di tingkat cabang ke tingkat daerah maupun nasional serta untuk menyerap masukan program kerja dari jajaran ranting,” ungkap Sujono dalam laporannya.

Sementara Kak Timbul Prihanjoko juga memberikan arahan sebagai acuan dalam Rakercab itu, khususnya dalam pengelolaan organisasi, usaha kemandirian, kreasi dan tanggung jawab.

“Tingkatkan gerakan kembali ke gugus depan dengan Motto Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana demi memajukan Gerakan Pramuka Probolinggo,” kata Kak Timbul Prihanjoko.

Agar ke depannya Gerakan Pramuka Probolinggo lebih siap kerja dan lebih berprestasi, Kak Timbul Prihanjoko menghimbau agar aktifitas kegiatan latihan di gugus depan lebih ditingkatkan melalui metode yang lebih baik dan materi yang tidak monoton.

“Pengembangan kreatifitas ini disertai inovasi kegiatan yang lebih kekinian dan dengan diselaraskan bersama kemajuan teknologi dan informatika,” jelas Wakil Bupati Probolinggo ini.

Selain itu yang tidak kalah penting lanjut Kak Timbul, Gerakan Pramuka harus meningkatkan jalinan kerjasama/MOU bersama OPD terkait dalam rangka pembinaan satuan karya pramuka khususnya bagi anggota muda.

“Serta tidak menutup kemungkinan bagi seluruh jajaran Gerakan Pramuka Probolinggo untuk mengembangkan kerja sama ini dengan pihak pemerhati Gerakan Pramuka dari swasta,” tandasnya.

Dalam Rakercab itu juga diserahkan hasil verifikasi pelaksanaan kegiatan tahun 2017 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. (dra)