Minggu, Februari 18, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Jelang Pilkada Serentak, Danrem Ingatkan Personil TNI Netral

Jelang Pilkada Serentak, Danrem Ingatkan Personil TNI Netral

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Bangun Nawoko melakukan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah Kodim 0820 Probolinggo, Rabu (10/1/2018). Selain memberikan penjelasan tentang tugas pokok TNI ke prajuritnya di Kodim 0820 Probolinggo, Danrem membawa misi khusus terkait netralitas TNI, terutama pada perhelatan Pilkada serentak 2018 mendatang.

Turut menerima kedatangan Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Bangun Nawoko Wali Kota Probolinggo Rukmini, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Kav. Depri Rio Saransi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono, Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, jajaran Forkopimda Kabupaten/Kota Probolinggo serta prajurit Kodim 0820 dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Kodim 0820 Probolinggo.

Sebelum ke Makodim 0820 Probolinggo, Danrem terlebih dahulu melakukan kunjungan ke gudang Bulog Sub Divre Probolinggo untuk mengecek ketersediaan beras. Dalam kesempatan tersebut pihak Bulog menyatakan stok beras masih aman hingga empat bulan mendatang.

“Selama ini Kodim 0820 Probolinggo bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bulog dan penggilingan bergerak untuk swasembada pangan sehingga ketersediaan pangan aman hingga empat bulan mendatang. Setiap hari ada panen dan hasilnya juga ada. Ini artinya bukan sekedar motto tetapi dijalankan,” kata Bangun.

Dalam kesempatan Danrem meyakinkan bahwa dalam perhelatan pesta demokrasi tahun 2018 mendatang, posisi TNI itu adalah netral. Tidak hanya netral tapi TNI juga harus memiliki pengetahuan seperti apa netralitas. Oleh karena itu, TNI dibekali buku saku netralitas agar setiap saat bisa memedomaninya.

“Jika ditemukan anggota TNI yang bersikap tidak netral, saya siap memberikan tindakan tegas sesuai koridor hukum. TNI dan Polri itu harus netral. Bila kita sudah berpihak, resikonya masyarakat tidak akan percaya sama kita. Kalau masyarakat sudah tidak percaya bagaimana kita bisa mengendalikan situasi,” tegas Bangun.

Tidak lupa Danrem mengajak supaya masyarakat menyambut pesta demokrasi dengan suka cita. Caranya dengan menggunakan hak pilih pada saat pemilu dan memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing.

“Semua kontestan harus siap kalah dan siap menang. Kalau sudah (pemilu) kembali ke ritme kehidupan kita untuk mensejahterahkan masyarakat,” pungkas Bangun.

Selanjutnya Danrem bersama Forkopimda mendengarkan paparan Dandim 0820 Letkol Kav. Depri Rio Saransi terkait kesiapan satuan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengarahan personil militer, PNS, Persit KCK Cabang XXXIV dan pengecekan pasukan. (wan)