Wednesday, May 24, 2017
Beranda > Kesehatan > DPPKB Gencarkan Konsolidasi Petugas KB Tingkat Desa dan Dusun

DPPKB Gencarkan Konsolidasi Petugas KB Tingkat Desa dan Dusun

Reporter : Syamsul Akbar
Rabu 17 Mei 2017

BANTARAN – Dalam rangka meningkatkan capaian program KB, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo terus menggencarkan pemantapan dan konsolidasi kepada petugas KB/kader tingkat desa dan dusun di 2 (dua) kecamatan (Bantaran dan Sumber), Rabu (17/5/2017).

Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Kecamatan Bantaran ini diikuti oleh 70 orang kader KB tingkat desa dan dusun. Dimana masing-masing kecamatan mengirimkan 35 orang petugas KB.

Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Herman Hidayat mengungkapkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat petugas KB baik yang ada di desa maupun dusun. “Disamping menyamakan persepsi untuk pengelola KB, mulai dari tingkat Kabupaten Probolinggo, kecamatan, desa hingga tingkat dusun,” katanya.

Menurut Herman, saat ini jumlah petugas lini KB di Kabupaten Probolinggo mencapai 1.700 orang dan tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Petugas inilah yang selama ini diberdayakan dan banyak membantu program KB di Kabupaten Probolinggo.

“Hanya saja kapasitas mereka tidak semuanya memiliki kemampuan yang sama. SDM yang terbatas dan dukungan yang diberikan masih sangat minim. Tetapi mereka tetap peduli dengan pelaksanaan program KB dengan memanfaatkan biaya dari APBN untuk memaksimalkan konsolidasi petugas KB,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini Herman berharap agar petugas lini lapangan mau bekerja dengan lebih baik secara ikhlas untuk mewujudkan tercapainya program Pemerintah Daerah di bidang kependudukan, KB dan pembangunan keluarga walaupun dengan dukungan yang sangat terbatas. (wan/why)