Wednesday, October 18, 2017
Beranda > Kemasyarakatan > Diskan Latih Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan

Diskan Latih Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar
Rabu 09 Rabu 2017

GADING – Sebagai upaya turut serta mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo dengan memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan, Dinas Perikanan (Diskan) memberikan pelatihan diversifikasi produk olahan hasil perikanan di Kampoeng Kita Hotel dan Waterpark Desa Condong Kecamatan Gading, Selasa dan Rabu (8-9/8/2017).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Tiris, Krucil, Maron dan Gading. Mereka diajari pembuatan keripik daun pepaya rasa ebi dan batagor tuna udang oleh Aris Purnama Seta (praktisi).

Kasi Mutu dan Diversifikasi Produk Diskan Kabupaten Probolinggo Nurhafiva mengungkapkan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pengolah tentang produk olahan berbahan baku ikan.

“Dimana tujuannya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku usaha, meningkatkan peluang usaha sekaligus peningkatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, “katanya.

Sementara Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi menyampaikan bahwa diversifikasi atau penganekaragaman produk olahan hasil perikanan merupakan pengembangan produk hasil perikanan sehingga mampu memberikan nilai tambah, baik olahan tradisional maupun modern guna mengoptimalkan pemanfaatan produksi hasil perikanan.

“Pengembangan produk hasil perikanan bertujuan untuk memberikan alternatif pada masyarakat dalam mengkonsumi produk perikanan yang tentunya sesuai dengan selera masyarakat, aman dan sehat,” ungkapnya.

Menurut Dedy, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab Probolinggo untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo.

“Berdasarkan petunjuk dari Ibu Bupati, Dinas Perikanan masuk dalam tim penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Probolinggo. Oleh karenanya kami bersama tim terus berupaya bagaimana angka kemiskinan bisa berkurang, “jelasnya.

Dedy menerangkan bahwa potensi perikanan di Kabupaten Probolinggo sangat besar untuk dikembangkan. Sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Potensi budidaya air tawar disini sangatlah bagus. Selain laut, potensi perikanan bisa dilakukan dengan memanfaatkan potensi air tawar di sungai, danau dan ranu. Tidak budidaya, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk pengolahan sektor perikanan sehingga bisa menambah penghasilan untuk mengentaskan kemiskinan dari segi ekonomi, “tegasnya.

Dalam kegiatan ini para peserta mendapatkan materi tentang pengemasan dan pemasaran produk oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), keamanan pangan dan ijin edar produk oleh Dinas kesehatan (Dinkes) serta analisa usaha dan kewirausahaan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo. (wan)