Minggu, Februari 18, 2018
Beranda > Pemerintahan > Bupati Tantri Rilis Layanan Aplikasi Lapak

Bupati Tantri Rilis Layanan Aplikasi Lapak

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi yang berkualitas, cepat, singkat, aman, modern, akuntabel dan menguntungkan bagi masyarakat, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE melaunching (rilis) aplikasi Layanan Cepat Administrasi Kecamatan (Lapak) Kecamatan Dringu dan Sumberasih, Kamis (8/2/2018) di Kantor Kecamatan Dringu.

Kegiatan ini dihadiri oleh segenap pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo, Camat Dringu Kristiana Ruliani dan Camat Sumberasih Ugas Irwanto beserta anggota Forkopimka, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Dringu dan Sumberasih.

Saat ini Pemerintah Kecamatan Dringu dan Sumberasih memiliki terobosan pelayanan administrasi secara cepat, berkat kecanggihan teknologi melalui ponsel. Pelayanan ini adalah salah satu inovasi dalam sistem aplikasi layanan cepat, aman, modern dan akuntabel. Masyarakat Kecamatan Dringu dan Sumberasih bisa mengurus atau melengkapi surat-surat administratif tanpa hadir ke kantor desa dan kantor kecamatan.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menjelaskan bahwa ingin membangun dan mencerdaskan rakyat Kabuparen Probolinggo. Hal ini diimplementasikan dengan baik layanan yang cepat, melaksanakan layanan yang profesional sebagai pelayan rakyat, sehingga dengan adanya terobosan baru melalui teknologi modern ini dapat meningkatkan layanan profesional layanan masyarakat.

“Dengan memanfaatkan IT sebagai sarana untuk memudahkan layanan managemen Pemerintah Kabupaten Probolinggo secara cepat, efektif dan profesional. Layanan aplikasi berbasis IT ini harus memiliki SOP. Perubahan sistem manual menjadi layanan berbasis IT memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan memuaskan masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tantri menekan tombol start sebagai simbol dilaunchingnya aplikasi Lapak. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan BPJS kepada istri atau ahli waris Kepala Desa Pohsangit Tengah Kecamatan Sumberasih.

Tidak hanya, Bupati Tantri juga melihat pelayanan simulasi Lapak, penandatanganan prasasti terkait dengan program lapak, pemotongan pita dan dilanjutkan dengan meninjau lokasi layanan lapak di Kantor Kecamatan Dringu.

Camat Dringu Kristiana Ruliani menyampaikan bahwa layanan digital sangat efektif, sehingga mempercepat serta mempersingkat waktu pelayanan publik administrasi serta tidak menyulitkan masyarakat dan juga tanpa menyita waktu masyarakat yang sedang melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Hal senada disampaikan Camat Sumberasih Ugas Irwanto. Menurutnya, selama ada sinyal dibutuhkan oleh ponsel sebagai sarana aplikasi, aplikasi lapak ini akan dapat berjalan dengan baik dan berjalan secara efektif tanpa membutuhkan waktu lama sampai berjam-jam. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit. Semua ini merupakan komitmen dari tiap-tiap desa, baik yang ada di Kecamatan Dringu maupun Sumberasih. (y0n)