Wednesday, August 23, 2017
Beranda > Pendidikan > 22.564 Siswa Terima Program Indonesia Pintar

22.564 Siswa Terima Program Indonesia Pintar

Reporter : Syamsul Akbar
Kamis 10 Juli 2017

KRAKSAAN – Sebanyak 22.564 siswa SD di Kabupaten Probolinggo memperoleh bantuan melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan ini diberikan kepada anak didik yang sudah terdaftar sebagai penerima PIP di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Hal tersebut disampaikan Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili dalam pencairan dana PIP di SDN Kalibuntu I Kecamatan Kraksaan, Kamis (10/8/2017).

“Penerima PIP ini sudah by name by addres. Untuk siswa kelas I dan VI masing-masing menerima sebesar Rp 225.000 per semester. Sementara untuk kelas II, III, IV dan V masing-masing menerima Rp 450.000 per semester,” katanya.

Menurut Yunita, program ini bertujuan meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan, meringankan biaya personal pendidikan, mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi.

Selain itu, menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah, SKB, PKBM maupun satuan pendidikan nonformal lainnya, jelasnya.

Yunita menerangkan bahwa pencairan bantuan PIP ini mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Program Indonesia Pintar.

“Dana PIP dimanfaatkan siswa untuk pembelian buku dan alat tulis, pembelian pakaian dan perlengkapan (sepatu, tas dan lainnya), transportasi dan uang saku peserta didik, biaya kursus/les tambahan bagi peserta didik pendidikan formal. Penerima PIP tidak diperkenankan menggunakan dana tersebut untuk tujuan yang tidak berhubungan dengan kegiatan pendidikan, “pungkasnya. (wan)